Sejumlah empat Taruna Akademi Militer dan satu pendamping mengikuti event tahunan Akademi Angkatan Udara (AAU) bernama Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia Akademi Angkatan Udara (SENASTINDO) secara virtual. Salah satu Taruna Akmil tersebut yakni Sermadatar M. Irfan, merupakan Taruna Prodi Elektronika Pertahanan Akmil.  Dalam acara tersebut, Taruna didampingi satu Perwira yakni Kapten Cba (K) Agustina DMP, S.Kom. Kamis (25/11/2021).

Sermadatar M. Irfan terpilih sebagai perwakilan Taruna yang menjadi pemapar pada seminar tersebut. Ia mengambil tema “Influence Of Disruptive Innovation On Education In The Military Academy In The Society 5.0 Era” yang membahas tentang peluang, tantangan dan kendala serta hambatan dalam menghadapi Inovasi Disruptif pada Era Society 5.0. Materi tersebut sejalan dengan harapan Gubernur AAU, Marsekal Muda TNI Nanang Santoso yang menyampaikan harapannya bahwa seluruh komponen seminar agar memberikan kontribusi dan solusi tentang pokok-pokok pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merumuskan Konsep “Meningkatkan Peran Lembaga Pendidikan Dalam Rangka Membangun Pertahanan Indonesia Di Era Society 5.0″.

Sermadatar M. Irfan saat memaparkan materinya pada Seminar AAU 2021

Pada seminar ini, Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menjadi Keynote Speaker pertama dan Keynote Speaker kedua Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc. Ph.D. Sebagai Narasumber dalam seminar tersebut adalah narasumber I Prof. Dr. Masayuki Okoshi, narasumber II Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom.,Ph.D. CISA, CISM dan narasumber III Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD.

SEMINAR NASIONAL SAINS TEKNOLOGI DAN INOVASI INDONESIA AKADEMI ANGKATAN UDARA 2021

Pada Seminar SENASTINDO AAU 2021 tersebut dihadiri juga oleh kalangan lembaga pendidikan, industri-industri strategis dan pemerintah. Pemerintah sebagai unsur pengambil kebijakan dengan akademisi, peneliti, dan praktisi dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia berpacu mempersembahkan berbagai kontribusi ilmiah.