Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil merupakan pembina materi mata kuliah Instrumentasi dan Alat Ukur. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diawali dengan penyampaian materi secara teori dan dilanjutkan kegiatan praktikum dengan Dosen Kapten Cpl Ahmad Nur Ahsan, S.T., M.Sc. yang merupakan Dosen Gol VI Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil. Sedangkan Taruna Akmil Tk. III/Sermadatar yang masuk ke Prodi Teknik Elektronika Pertahanan berjumlah 29 orang.

Praktikum Alat Ukur


Taruna Akmil Tk. III/Sermadatar melaksanakan praktikum di Laboratorium Elektro Akmil, dengan materi yang dipraktekkan meliputi mengenali, menganalisis dan menghitung besaran listrik, pengukuran dan kesalahan pengukuran dalam rangkaian listrik dengan menggunakan komponen listrik, daya dan energi listrik, tegangan dan arus listrik, mengoperasionalkan alat ukur galvanometer, amperemeter analog dan volt meter analog, watt/jam dan faktor daya, frekuensi, osciloscope dan spektrum analyzer.

Diharapkan setelah mendapatkan materi tersebut para Taruna akan dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama di Akademi Militer di satuan dimana nantinya Taruna bertugas dan dapat menularkan ilmu tersebut kepada anggotanya di satuan nanti.