Akademi Militer merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI AD yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Pertama Perwira Angkatan Darat setingkat akademi dengan capaian pembelajaran kelulusan menyandang pangkat Letnan Dua dengan gelar Sarjana Diploma IV (Sarjana Sains Terapan Pertahanan). Dalam pelaksanaan kegiatannya Akademi Militer mengoperasionalkan 10 Komponen pendidikan dan Tri Darma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Penelitian Dosen. Dengan diadakannya Penelitian oleh Dosen Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akademi Kordos Akademi Militer, diharapkan dapat menjadi alat pembelajaran dan penerapan ilmu oleh setiap Dosen Prodi Teknik Elektronika Pertahanan dan selalu siap dalam mendukung kegiatan operasional pendidikan bagi Taruna Akmil sekaligus untuk menunjang Akreditasi Prodi Teknik Elektronika Pertahanan.

Pada kesempatan kali ini Dosen yang melaksanakan penelitian adalah Kapten Chb Maskatim, S.Kom. dan Tim. Adapun judul penelitian yang diambil yaitu “Rancang Bangun Pengolahan Citra memanfaatkan Webcam sebagai Sensor pada Alat Penghitung Pull Up”.

Di Akademi Militer sebagai seorang Taruna Akmil harus benar-benar memiliki kemampuan jasmani dan rohani yang baik dan sehat agar dalam pelaksanaan penyelenggaraan pembinaan jasmani militer yang rutin dilaksanakan dalam periode waktu tertentu dapat membentuk, meningkatkan dan memelihara kesemaptaan jasmani guna mendukung terwujudnya profesionalisme prajurit dalam rangka pembinaan kekuatan TNI AD secara menyeluruh. Dengan adanya keseragaman dan objektivitas tes kesegaran jasmani agar dapat mendukung upaya mewujudkan kesemaptaan jasmani yang standar menurut buku petunjuk teknik tes kesemaptaan jasmani prajurit dan calon prajurit.

Tes kesegaran jasmani Taruna Akmil dibagi menjadi dua bagian yaitu kesegaran jasmani A dan B. Kesegaran jasmani A untuk pria dan wanita yaitu lari selama 12 menit dan kesegaran jasmani B untuk pria yaitu pull up, sit up, push up dan shuttle run sedangkan untuk wanita yaitu chinning, modifikasi sit up, modifikasi push up dan shuttle run. Pada penulisan tugas akhir ini penulis membahas kesegaran jasmani B untuk pria yaitu pull up. Konsep yang dijadikan pedoman adalah surat keputusan Kasad nomor : skep/590/XII/2005 Buku Petunjuk Teknik tentang Tes Kesemaptaan Jasmani Prajurit dan Calon Prajurit. Untuk gerakan pull up dilaksanakan selama 1 menit. Kategori penilainnya berdasarkan penggolongan umur/usia.

Selama ini penguji melaksanakan perhitungan gerakan pull up yang dikerjakan oleh pelaku masih secara manual sehingga perhitungan yang dilaksanakan akan berpengaruh terhadap objektivitas penilaian akibatnya pelaku ada yang diuntungkan dan dirugikan karena setiap penguji memiliki toleransi penilaian yang berbeda. Dengan adanya faktor-faktor teknis tersebut dihadapkan kemajuan teknologi sistem digital dan otomatisasi yang berkembang saat ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kerja manusia dengan demikian penulis mengangkat sebagai judul tugas akhir guna mencapai tujuan pokok pendidikan.

Pelaksanaan kegiatan Penelitian Dosen Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos Akmil TA 2022 dapat dilaksanakan dengan aman, baik dan lancar serta dapat memberikan manfaat bagi satuan serta masyarakat. Program kegiatan Penelitian Dosen seperti ini merupakan kegiatan yang mempunyai dampak positif dalam pengembangan ilmu yang dimiliki Dosen, sehingga diharapkan dapat ditularkan kepada Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan melalui proses belajar mengajar selama Taruna menempuh pendidikan di Akademi Militer.