Akademi Militer sebagai Lembaga Pendidikan Pusat (Lemdikpus) TNI AD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Perwira TNI AD tingkat Akademi melalui Proses Belajar Mengajar yang diselenggarakan secara terencana dan berkelanjutan serta berpedoman pada kurikulum yang telah ditentukan, termasuk di dalamnya bagi Taruna Akmil Tk. II/Sertar Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos Akmil.

Salah satu Program Studi yang ada di Akademi Militer adalah Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos. Salah satu mata kuliah yang diajarkan adalah Elektronika Dasar dan Rangkaian Listrik. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diawali dengan penyampaian materi teori dan dilanjutkan dengan kegiatan praktikum dengan Dosen pengampu materi yaitu Dosen Gol V Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil Letkol Arh M. Baidlowi, S.T., M.M.. Sedangkan Taruna yang masuk ke Prodi Teknik Elektronika Pertahanan berjumlah 35 Taruna.

Taruna melaksanakan praktikum


Materi yang dipraktekkan antara lain praktek Dasar Elektronik sebagai differential, rangkaian listrik sebagai inverting satu tingkat, Dasar Elektronika sebagai inverting dua tingkat, rangkaian listrik sebagai non inverting, Dasar Elektronika sebagai comparator, rangkaian listrik sebagai pengganda/ penjumlah tegangan, Dasar Elektronika sebagai selisih tegangan dan rangkaian listrik sebagai buffer. Melalui kegiatan praktikum tersebut diharapkan Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan nantinya dapat mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu Elektronika Dasar dan Rangkaian Listrik di satuan tugas masing-masing.