Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Akademi Militer merupakan salah satu Subsatker di Akademi Militer menyelenggarakan kegiatan yang merupakan program yang menjadi tugas tanggung jawab pada Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut adalah sebuah Workshop dengan tema “Workshop Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akademi Militer TA 2023” yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 28 Februari sampai dengan 2 Maret 2023 bertempat di Gedung A.H. Nasution Akademi Militer Magelang dan diikuti oleh perwakilan personel dari Prodi-Prodi di Akmil, personel dari Subsatker Akmil yang membidangi tentang Akreditasi, Gadik/Gapendik Akmil dan perwakilan dari Akademi Angkatan Laut (AAL) serta Akademi Angkatan Udara (AAU).

Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil yang merupakan bagian dari Civitas Akademika juga ikut serta dalam kegiatan Workshop tersebut. Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil mengirimkan 3 perwakilan Dosen untuk mengikuti kegiatan Workshop ISK tersebut diantaranya Mayor Chb Widodo (Dosen Gol VI), Kapten Chb M. Hifni, S.T., M.Sc. (Dosen Gol VII) dan Letda Chb Danang Kristianto, S.E. (Dosen Gol VIII).

Kegiatan Workshop dibuka oleh Kepala Lembaga Penjamin Mutu (Ka LPM) Akademi Militer Kolonel Inf Prima Hadinuranto, S.Pd., M.M.Pd. dalam hal ini mewakili Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. dan dihadiri oleh Para Pejabat Distribusi Akademi Militer. Adapun selaku Tim Narasumber yaitu Ibu Evi Rahmawati, S.E., M.Acc., Ph.D., Ak., C.A., (Kepala Badan Penjaminan Mutu UMY) dan Bapak Dr. Nuryakin, S.E., M.M. (Kepala Bidang Eksternal Penjaminan Mutu UMY).


Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dan pembekalan dari Narasumber tentang kebijakan-kebijakan dan cara penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK), karena kegiatan ini adalah hal baru bagi Akademi Militer. Serta memberikan bimbingan kepada Akademi Militer secara berkelanjutan agar pelaksanaan akreditasi berjalan sesuai yang diharapkan.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan aplikasi atau penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Perguruan Tinggi dalam hal ini Akademi Militer dan Prodi-Prodi secara terbimbing. Disitu juga sebagai ajang untuk bertukar pikiran serta konsultasi secara dua arah, sehingga apa yang dijelaskan langsung dapat diaplikasikan untuk mengkonversi hasil Akreditasi Akmil yang mendapat Akreditasi “A” menjadi “Unggul”.

Hari ketiga tepatnya hari Kamis tanggal 2 Maret 2023 pukul 10.00 Wib kegiatan diakhiri dengan penutupan Workshop oleh Gubernur Akademi Militer yang diwakili oleh Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Akmil Brigjen TNI Triyono, S.Sos.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Instrumen Suplemen Konversi (ISK) seperti ini sangat penting guna mendukung proses konversi hasil Akreditasi, sehingga menjadikan Akademi Militer sebagai Lembaga Pendidikan yang tidak hanya mencetak Perwira saja, tetapi juga mencetak Akademisi.