Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus kewajiban dosen untuk berkonstribusi kepada negara dalam pembangunan sebagai upaya mengatasi berbagai persoalan masyarakat.

Akademi Militer merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI AD yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Pertama Perwira Angkatan Darat setingkat akademi dengan capaian pembelajaran kelulusan menyandang pangkat Letnan Dua dengan gelar Sarjana Diploma IV (Sarjana Sains Terapan Pertahanan). Dalam pelaksanaan kegiatannya Akademi Militer mengoperasionalkan 10 Komponen pendidikan dan Tri Darma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada Tahun 2022 ini kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos Akmil dibawah pimpinan Kaprodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil Kolonel Chb Indratma Wisnu Pribadi, S.E., M.M. dilaksanakan bersama kegiatan Latihan Praja Bhakti Taruna bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung dan Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Temanggung.

Kegiatan Sosialisasi Pemrograman Digital TV dan cara pemasaran produk kopi berbasis teknologi

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain Sosialisasi pemrograman Digital TV dan cara pemasaran produk kopi berbasis teknologi, yang memang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah untuk mempublikasikan penyiaran televisi berbasis digital, sehingga sangat perlu dibagikan informasi kepada masyarakat di pedesaan sekitar wilayah Temanggung tentang pemrograman Digital TV.

Kegiatan pemasangan dan instalasi listrik untuk penerangan jalan umum

Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan secara fisik antara lain berupa pemasangan dan instalasi listrik untuk penerangan jalan umum. Hal tersebut diperlukan guna menerangi jalan-jalan di Desa Kaloran yang selama ini relatif kurang penerangan jalan umum, sehingga pada saat malam hari suasana di Desa tersebut menjadi lebih terang.

Kegiatan pemasangan jaringan internet

Sasaran kegiatan fisik selanjutnya adalah pemasangan jaringan internet dalam rangka memperluas dan mempermudah akses informasi oleh masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam membuka wawasan masyarakat sekitar agar tidak terlambat dalam menerima berbagai informasi dan perkembangan lingkungan baik secara lokal, regional maupun global.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara umum dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar serta dinilai sangat bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta menambah pengetahuan dan kemampuan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Untuk memelihara kesejahteraan serta pengetahuan dan meningkatkan kemampuan masyarakat, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat seyogyanya lebih sering diadakan secara bergantian di sekitar lingkungan Akademi Militer.