Akademi Militer sebagai Lembaga Pendidikan Pusat (Lemdikpus) TNI AD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Perwira TNI AD tingkat Akademi melalui Proses Belajar Mengajar yang diselenggarakan secara terencana dan berkelanjutan serta berpedoman pada kurikulum yang telah ditentukan, termasuk di dalamnya bagi Taruna Akmil Tk. III/Sermadatar Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos Akmil.

Salah satu Program Studi yang ada di Akademi Militer adalah Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos. Mata kuliah yang diajarkan kepada Taruna Akmil Tk. III/Sermadatar adalah Radar dan Navigasi. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diawali dengan penyampaian materi teori dan dilanjutkan dengan kegiatan praktikum dengan Dosen pengampu materi yaitu Dosen Gol VIII Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil Kapten Chb M. Hifni, S.T., M.Sc.. Sedangkan Taruna yang masuk ke Prodi Teknik Elektronika Pertahanan berjumlah 29 Taruna yang terdiri dari beberapa kecabangan.

Praktikum merangkai sensor ultra sonic berbasis Arduino dalam penggunaan radar


Dalam pelaksanaannya praktikum dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan, yang pertama praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Elektro Akmil yaitu praktikum merangkai sensor ultra sonic berbasis Arduino dalam penggunaan radar.

Satuan Radar 215/Congot Kulon Progo


Sedangkan kegiatan praktikum yang kedua dilaksanakan di Satuan Radar 215/Congot Kulon Progo dan Satuan BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta dengan sasaran kegiatan yaitu agar Taruna mampu membaca dan menganalisis data serta mengoperasionalkan Radar Weibel yang terdapat di Satdar 215/Congot Kulon Progo Yogyakarta serta mampu membaca, menganalisis data dan mengoperasionalkan Radar Cuaca yang berada di Satuan BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta.

Melalui kegiatan praktikum tersebut diharapkan Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan nantinya dapat mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang didapatkan saat ini di satuan tugas masing-masing.