Menurut Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi melalui siklusnya yang dikenal dengan PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan), pada tahap evaluasi dapat dilakukan dengan kegiatan monitoring, evaluasi diri dan Audit Mutu Internal (AMI). Tujuan Workshop Audit Mutu Internal (AMI) adalah untuk memberi pemahaman kepada seluruh Dosen Prodi Kordos dan stakeholder terkait, guna mencapai penilaian akreditasi Akademi Militer sesuai yang diharapkan.

Sebagai implementasi dari hal tersebut, maka di Akademi Militer diselenggarakan acara “Workshop Audit Mutu Internal (AMI) Akademi Militer Tahun 2023” yang dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 10 Agustus 2023 di Gedung A.H. Nasution Akmil Magelang dan dibuka oleh Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos., serta diikuti oleh Para Dosen Prodi dan stakeholder terkait, termasuk perwakilan Dosen dari Prodi Teknik Elektronika Pertahanan antara lain Letkol Arh M. Baidlowi, S.T., M.M., Mayor Chb Widodo, Kapten Cpl Ahmad Nur Ahsan, S.T., M.Sc. dan Letda Chb Danang Kristianto, S.E.. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem audit internal di lingkungan AKMIL.

Gubernur Akademi Militer mengharapkan melalui kegiatan Workshop Audit Mutu Internal (AMI) kali ini, dapat diketahui dan dipastikan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) telah memenuhi standar yang telah ditetapkan, memastikan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai dengan tujuan dan sasaran, mengevaluasi efektivitas penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan mengidentifikasi peluang perbaikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Gubernur Akademi Militer juga mengingatkan kepada para peserta, agar dapat mengikuti kegiatan Workshop dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga dapat menyerap dan memahami secara optimal apa yang disampaikan oleh narasumber (Ibu Ir. Anita Widianti, M.T., Kabid Internal BPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), serta Bapak Yohanes Harvinda, S.Pi., M.Sc., CIIQA. (Zoom Meeting) dan Letkol Czi Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E., M.I.Pol.).

Dalam pemaparannya, Letkol Czi Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E., M.I.Pol. membahas secara mendalam tentang implementasi pelaksanaan Workshop Audit Mutu Internal (AMI) sebagai indikator mutu bagi perguruan tinggi. Narasumber ini secara tajam menguraikan bagaimana audit mutu internal menjadi landasan penting dalam mengukur kualitas dan efektivitas berbagai proses di dalam lingkungan Pendidikan Akademi Militer.
Beliau juga menjelaskan pentingnya pelaksanaan audit mutu internal dalam mengkur standar-standar yang tinggi dan membentuk landasan bagi peningkatan mutu pendidikan dan layanan. Selain itu, narasumber juga memaparkan bagaimana perguruan tinggi, khususnya Akmil, telah menerapkan audit mutu internal sebagai alat yang efektif untuk memonitor dan mengelola kualitas pendidikan Akademi Militer.

Kegiatan “Workshop Audit Mutu Internal (AMI) Akademi Militer Tahun 2023” ditutup oleh Kepala Koordinator Dosen Akademi Militer Brigjen TNI Triyono, S.Sos. mewakili Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos, pada hari Kamis, 10 Agustus 2023.