Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil merupakan pembina materi mata kuliah Telekomunikasi Radio Militer dan Antena Propagasi. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diawali dengan penyampaian materi secara teori dan dilanjutkan dengan kegiatan praktikum dengan Dosen Letkol Chb Endro Purnomo, S.Kom. yang menjabat sebagai Dosen Muda Gol V Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akmil. Taruna Akmil Tk. III/Sermadatar yang masuk ke Prodi Teknik Elektronika Pertahanan berjumlah 29 orang.

Praktikum Telekomunikasi Radio Militer dan Antena Propagasi merupakan pengenalan secara langsung konsep dasar ilmu Telekomunikasi kepada Taruna. Melalui kegiatan praktikum tersebut diharapkan Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan nantinya dapat mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu Telekomunikasi Radio Militer dan Antena Propagasi di satuan tugas masing-masing.


Adapun kegiatan praktikum yang dilaksanakan adalah mengaplikasikan modulasi AM, mengaplikasikan modulasi FM, melaksanakan praktek komunikasi dengan menggunakan radio, menghitung dan mengukur media transmisi untuk komunikasi radio, serta menganalisis pengaruh media transmisi terhadap komunikasi radio dan melaksankan penghitungan dan pengukuran antena untuk komunikasi radio, serta menganalisis pengaruh antena terhadap komunikasi radio. Kegiatan praktikum dilaksanakan di Laboratorium Elektro Akmil dan di Satuan Perhubungan Akmil.