Akademi Militer sebagai Badan Pelaksana Pusat TNI AD yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Perwira TNI AD tingkat Akademi melalui Proses Belajar Mengajar yang diselenggarakan secara terencana dan berkelanjutan serta berpedoman pada kurikulum yang telah ditentukan, termasuk di dalamnya bagi Taruna Akmil Tk. II/Sertar Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos Akmil.

Salah satu Program Studi yang ada di Akademi Militer adalah Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Kordos yang merupakan pembina materi mata kuliah Teknik Digital. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diawali dengan penyampaian materi teori dan dilanjutkan dengan kegiatan praktikum dengan Dosen pengampu materi yaitu Letkol Chb Endro Purnomo, S.Kom. Sedangkan Taruna yang masuk ke Prodi Teknik Elektronika Pertahanan yaitu Taruna yang berkecabangan Arhanud dan Perhubungan yang berjumlah 35 Taruna. Dalam perjalanannya para Taruna tersebut akan menerima pelajaran Prodi salah satunya Teknik Digital.

Praktek Penerapan Gerbang-Gerbang Logika


Praktikum Teknik Digital merupakan pengenalan secara langsung konsep dasar ilmu Teknik Digital kepada Taruna. Materi yang dipraktekkan antara lain praktek operasi penerapan Gerbang-Gerbang logika, penggunaan Flip-flop, penggunaan Register, penggunaan Pencacah atau Counter dan penggunaan converter Digital to Analog maupun Analog to Digital. Melalui kegiatan praktikum tersebut diharapkan Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan nantinya dapat mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu Teknik Digital di satuan tugas masing-masing.